Keajaiban Sholawat di Alam Barzakh



Sejumlah dalil menunjukkan bahwa amalan-amalan tertentu yang biasa kita amalkan di dunia akan diubah oleh Allah Swt dalam wujud makhluk di alam barzakh maupun di akhirat kelak. 

Dikisahkan oleh Syekh Syibli bahwa setelah salah seorang tetangganya wafat, ia bermimpi tentangnya, dan dalam mimpi itu ia bertanya kepada tetangganya itu: "Apa yang Allah perbuat terhadapmu?" 

Ia menjawab: "Wahai Syekh! Kengerian-kengerian luar biasa yang aku saksikan di dalam kubur dan aku dibuat sangat menderita karenanya. Aku sampai tidak bisa berkata-kata ketika kulihat malaikat Munkar wa Nakir. 
Aku berkata dalam diriku, 'Aduhai celakanya aku! Apakah azab benar-benar telah menghampiriku?'

Di dunia aku adalah seorang Muslim dan wafat dalam agama Islam'.
Kedua malaikat itu memintaku menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka dengan keras. 
Tiba-tiba muncul seorang lelaki berwajah indah dan beraroma harum dan menempatkan dirinya di antara aku dan kedua malaikat itu.
Dia dengan lembut menuntun aku untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kedua malaikat itu dan dengan cara terbaik. 
Setelah itu aku bertanya kepadanya, 'Siapa engkau? Semoga Allah merahmatimu!' Ia jawab, 'Aku adalah shalawat "Allahuma salli ala muhamad wa ali muhamad" yang engkau selalu baca untuk Muhammad dan Keluarga Muhammad.

Sesungguhnya aku diperintahkan dan diberi tanggungjawab untuk menolong dan menyelamatkanmu kapanpun engkau butuhkan dan di manapun'."

<referensi: kitab Al-Shalawat Miftah Hallil Musykilat, Ali Qazweini, halaman 96>

#Allahumma sholli 'alaa sayyidina Muhammad