Manaqib Sayyidah Fatimah (37)


Rasulullah Saw. meninggalkan Sayyidah Fatimah, Sayyidah Ummu Kultsum, juga istri beliau Sayyidah Saudah, sedangkan Sayyidina Ali bin Abi Thalib setelah tiga hari menyusul Rasulullah hijrah ke Madinah. Ini adalah sebuah kepercayaan yang sangat kuat dan tinggi dari Rasulullah Saw. atas putri-putri dan istri beliau, yang mana mereka adalah keluarga dan tumpuan beliau Saw..

Mereka tetap sabar dan bertahan serta menunggu izin dari Rasulullah, kemudian Rasulullah Saw. mengutus Zaid bin Haritsah dan Aba Rafi' untuk menjemput putri-putri dan istri beliau Sayyidah Saudah, beserta keluarga Sayyidina Abu Bakar. Mereka pun segera bergegas dan berusaha keluar dari Makkah di waktu yang sepi sehingga tidak terlihat oleh orang-orang kafir Quraisy.

Akan tetapi, sangat disayangkan mereka berjumpa dengan orang kafir yang celaka ini, yang ingin menyakiti putri Rasulullah Saw.. Ketika Sayyidah Fatimah berada di gotabul ba'ir (rumah-rumahan kecil yang berada di atas onta) tidak disangka muncul Huwairita bin Nugait, menghadang mereka dan berusaha mengulingkan onta.. (bersambung)