Manaqib Sayyidah Fatimah (43)


Kenangan tersebut membuat air mata Sayyidah Fatimah mengalir, mata Sayyidah Ummu Kultsum memerah tak tahan menahan rasa rindu yang ada di dalam dirinya. Maka Rasulullah Saw. pun memeluk kedua putrinya itu dengan penuh kasih sayang laksana seorang ibu dengan diiringgi air mata kerinduan.

Maka hari-hari pun berlalu dan tahun demi tahun terlewati. Diceritakan ketika Abul 'Ash bin Robi' sedang memperdagangkan harta orang kafir Quraisy Makkah, ia berjumpa dengan para sahabat Nabi yang sedang dalam perjalanan pulang dari peperangan. Maka para sahabat pun menawan dan mengambil harta Abul 'Ash serta membawahnya kembali ke Madinah.

Ketika Sayyidah Zainab mendengar kabar tersebut, maka beliau kembali mengirim sesuatu untuk menebus suaminya tersebut. Kemudian Nabi berkata "Wahai para sahabatku jika kalian ingin mengembalikan harta-hartanya dan membebaskannya maka laksakanlah." Maka para sahabat dengan segera dan berlari ke rumah mereka masing-masing untuk mengembalikan harta yang telah diambil dari Abul 'Ash.. (bersambung)