Jangan Lupakan Mereka Yang Mendo'akanmu


Oleh : Al-Habib Quraisy Baharun

Jangan bangga, Jangan sombong, Jangan berjalan seakan tidak menginjak tanah. Jangan menjadi pribadi seperti kacang lupa kulitnya.

Bahwa kesuksesan yang kita dapat, keberhasilan yang menghampiri, projek peluang usaha/bisnis yang kita hasilkan dan keuntungan-keuntungan lainnya, Disitu selalu Ada orang-orang yang mengantarkanmu menuju ketangga kesuksesan.

Mereka tidak serta merta mengatakan bahwa kesuksesan yang kamu raih saat ini adalah sebagai buah bagian hasil usahanya diatas sejadahnya, meskipun hal itu sebenarnya membawa dampak besar dalam usahamu. Mereka diantaranya adalah orang tuamu dan pasanganmu (suami/istri), selain keluarga (anak-anak dan sahabat-sahabatmu).

Ingatlah Saudara-saudariku,
Untuk menuju kesuksesan kita tidak bisa hanya mengandalkan kecerdasan yang kita miliki atau kehebatan yang kita punya, Sebab Doa mereka juga sangat kita butuhkan untuk mempercepat langkah menuju sukses itu.

Oleh sebab itu, Jangan pernah lupakan mereka juga dalam setiap usaha dan do'amu.
Allah akan meridho'i langkah kaki kita jika mendapatkan ridho' orang tua, Langkah akan semakin ringan, jika hati keduanya bahagia dan tentram.
Juga berbuat baiklah kepada pasanganmu (suami/istri), karena doa mereka juga kita butuhkan.
Dan diakhir nasehat ini, ingatlah akan doa-doa mereka yang tidak ingin terlihat, selalu bersembunyi dibelakangmu, tapi mereka hampir setiap hari mendo'akanmu, dialah saudara-saudari kita, teman-teman kita, simaklah hadits ini sebagai renungan & pegangan kita menghargai doa sesama:

عَنْ أُمِّ الدَّرْدَاءِ قَالَتْ: إِنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ: ” دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ، عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ كُلَّمَا دَعَا لِأَخِيهِ بِخَيْرٍ، قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ: آمِينَ وَلَكَ بِمِثْلٍ

Dari Ummu Darda’ dan Abu Darda’ Radhiyallahu ‘anhuma bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Doa seorang muslim untuk saudaranya (muslim lainnya) yang tidak berada di hadapannya akan dikabulkan oleh Allah. Di atas kepala orang muslim yang berdoa tersebut terdapat seorang malaikat yang ditugasi menjaganya. Setiap kali orang muslim itu mendoakan kebaikan bagi saudaranya, niscaya malaikat yang menjaganya berkata, “Amin (semoga Allah mengabulkan) dan bagimu hal yang serupa.” (HR. Muslim no. 2733).