Allah Menunggumu, Kawan


“Wahai Dawud! Seandainya orang-orang yang berpikir dan merenung tentang Aku itu mengetahui betapa Aku menunggu mereka, betapa Aku selalui menemani mereka, dan betapa Aku juga sangat merindukan agar mereka menjauhi perbuatan-perbuatan maksiat, niscaya mereka mati membawa kerinduan dengan tubuh tercerai berai karena kecintaan-Ku kepadanya.

Wahai Dawud! Itulah yang Aku inginkan terhadap orang-orang yang terus menerus memikirkan Aku dan merenungkan Aku.
Lalu, bagaimana dengan kehendak-Ku terhadap orang-orang yang menghadap pada-Ku? Ketahuilah, wahai Dawud! Sebenarnya yang paling Aku butuhkan adalah bagaimana hamba-Ku merasa selalu membutuhkan Aku.

Hal yang paling Aku sayangi pada hamba-Ku adalah ketika ia memikirkan Aku. Hal yang paling Aku agungkan pada hamba-Ku adalah ketika ia kembali kepada-Ku.”


--Imam Al-Ghazali dalam kitab Al-Mahabbah wa al-Syawq wa al-Uns wa al-Ridha