Obat Bagi Hati Yang Gelisah


Syekh Abdul Qadir Al-Jailani mengatakan:
“Janganlah kalian gelisah karena makanan yang akan kalian makan, minuman yang akan kalian minum, pakaian yang akan kalian pakai, dan rumah yang akan kalian huni. Kegelisahan atau kegalauan semacam itu merupakan hasutan hawa nafsu dan syahwat semata.”

Lalu, apa sebenarnya hakikat kegelisahan itu? Bagaimana seharusnya kegelisahan itu terjadi? Apakah mungkin kegelisahan bisa lenyap dari diri kita?
Menurut Syekh Abdul Qadir Al-Jailani kegelisahan dapat terjadi pada tiap manusia, pada semua tingkatan sesuai dengan tingkat spiritualnya yang berbeda-beda. Dan, hakikat kegelisahan yang sesungguhnya adalah ungkapan kegelisahan seorang hamba yang bermohon kepada Allah SWT. Kegelisahan adalah sesuatu yang membuat kita bimbang, takut, sedih, haru, bingung, dan tak tahu harus bagaimana. Maka, larilah kepada Allah, adukan semua bebanmu kepada-Nya. Hanya Dialah yang memberi kedamaian.

Syekh Abdul Qadir Al-Jailani mengatakan:
“Maka, jadikanlah kegelisahan kalian sebagai pengaduan kepada Allah SWT. Segala sesuatu adalah milik-Nya. Dunia ini memiliki pengganti, yakni akhirat. Hanya Allah yang tak dapat tergantikan. Jika kalian terlena dengan sesuatu di dunia ini, akibatnya akan terjadi di akhirat. Dan, kehidupan akhirat lebih baik daripada kehidupan dunia.

Berhitunglah mulai hari ini! Usia kalian adalah yang tersisa. Maka, bersiaplah menghadapi akhirat! Bersiaplah menerima kedatangan Malaikat Maut!”


-- Kitab Al-Mawaizh Syekh Abdul Qadir Al-Jailani