Manaqib Sayyidah Fatimah (52)


Dalam  riwayat yang lain: Ketika Rasulullah berada di masjid,  Rasulullah  berkata bahwa sesungguhnya Allah Swt. telah menikahkan Fatimah dengan Ali di langit dan aku telah menikahkannya dengan Ali  maka semua sahabat Ra. yang ada  di masjid pun menjadi saksi.

Di sebagian riwayat mengatakan: Rasulullah  berkata kepada Sayyidina  Ali "Hai Ali apakah kau memiliki sesuatu yang bisa  kau jadikan sebagai  mahar?" Maka Sayyidina Ali berkata "Wahai Rasulullah aku  tak memiliki  sesuatu apapun kecuali pedang dan baju perangku."

Karena  Sayyidina Ali tergolong orang yang tidak mampu, yang tumbuh  besar dalam didikan  Rasulullah, seperti kita ketahui bahwa Beliau hidup  dalam kezuhudan dan  kemiskinan yang tidak memiliki apa-apa maka Ali  pun menjawab seperti itu.

"Duhai Ali mengenai pedangmu engkau harus tetep menggunakannya untuk   berperang di jalan Allah sedang baju zirahmu jualah!" Maka Sayyidina   Utsman membeli baju perang tersebut dengan harga 480 dirham lalu  Sayyidina Ali  memberikan hasil penjualan itu kepada Rasulullah..  (bersambung)