Jangan Kau Duakan Cinta-Nya


“Tidaklah engkau mencintai sesuatu melainkan engkau menjadi hamba baginya dan Allah tidak ingin engkau menjadi hamba bagi selain-Nya.”
—Syekh Ibnu Atha’illah dalam kitab Al-Hikam.

Syekh Abdullah Asy-Syarqawi menjelaskan bahwa jika engkau mencintai dunia, engkau akan menjadi budaknya karena kecintaanmu terhadap sesuatu membuatmu tunduk dan terikat kepadanya. Bahkan, engkau juga tidak akan mau melepas dan mencari gantinya. Sebagaimana dikatakan, “Cintamu kepada sesuatu akan membutakan matamu dan membuatmu bisu.” Artinya, apa yang engkau cintai akan memperbudakmu. Jika engkau mencintai selain Allah, apa pun bentuknya, maka ia akan memperbudakmu.

Sementara itu, Allah tidak mau kau menjadi budak bagi selain-Nya. Allah tidak rela jika kau menduakan cinta-Nya. Dalam hadis disebutkan, “Celakalah budak dinar! Celakalah budak dirham!”

Imam Al-Junaedi mengatakan, “Sesungguhnya engkau tidak akan benar-benar menjadi hamba Allah yang sebenarnya selama engkau mencari selain-Nya. Kau pun tidak akan sampai kepada kebebasan yang sesungguhnya karena engkau harus menunaikan hak-hak ‘ubudiyyah (penghambaan) kepada-Nya.”


--Syekh Ibnu Atha’illah dalam kitab Al-Hikam, dengan syarah oleh Syekh Abdullah Asy-Syarqawi