Manaqib Sayyidah Fatimah (13)


Tidak diragukan lagi khitab yang ditujukan ayahnya semakin membuat  semangat dan mengerakkan Sayyidah Fatimah serta memberi kekuatan yang  luar biasa  dalam hatinya. Seakan-akan Nabi memberikan amanat yang  besar dan mengkhususkan  dengan perintahnya.

Di masa kecil Sayyidah Fatimah selalu ikut di belakang ayahnya  kemana beliau pergi. Mengikuti ayahnya ketika berjalan di  jalan-jalan  Makkah, karena kaum Quraisy telah menyakiti Nabi Saw. bahkan  mengirim  pengintai untuk mengintai Nabi Saw.. Sayyidah Fatimah khawatir dengan keadaan   ayahnya. Sayyidah Fatimah telah menyaksikan dengan mata kepalanya  sendiri kekerasan yang tidak pantas anak sekecil itu melihatnya.

Para ulama'  berkata bahwa Sayyidah Fatimah tumbuh dengan pertumbuhan yang  bagus. Mempersiapkan  anak cucu yang ada di rahimnya, dan menumbuhkan  sifat keimanan yang kuat.  Karena di masa sekecil itu Sayyidah Fatimah menghadapi  banyak cobaan yang berat,  maka terbentuklah dalam dir Sayyidahi Fatimah  kepribadian yang kuat dan mandiri, yang  mana dengannya memberikan  kesiapan atas dirinya untuk mendidik anak-anaknya  kelak.. (bersambung)