Manaqib Sayyidah Fatimah (14)


Suatu hari Sayyidah Fatimah keluar, yang mana tidak tergambarkan dalam benak kita anak perempuan sekecil ini, yang sangat lembut hatinya, rahmat terhadap  sesama, seseorang yang penuh rasa kasih sayang, yang terdidik di rumah yang  penuh ke istimewaan. Keluar mengikuti ayahnya menujuh Ka'bah. Ketika Nabi Saw. sedang melakukan ibadah, Sayyidah Fatimah menunggu ayahnya di sampingnya.

Ketika ayahnya sedang sujud, datang manusia paling celaka yaitu Uqbah bin Abi Mu'ait beserta teman-temannya, mendekati Nabi yang sedang sujud, dan Uqbah menginjakkan kakinya di atas kepala Rasulullah Saw., kemudian menarik Nabi dan mencekiknya dengan sangat keras sehingga mata Nabi Saw. menonjol keluar.

Kemudian datang Sayyidina Abu Bakar dengan berlari, berusaha mencegah ini, menarik ini, menahan ini. Sedangkan Sayyidah Fatimah hanya bisa melihat dengan mata kepalanya sendiri yang diiringi air mata dan berdoa. Kemudian Uqbah dan teman-temannya berpindah memukuli dan menyiksa Sayyidina Abu Bakar. Sayyidah Fatimah bergegas menolong ayahnya dan membawa pulang.. (bersambung)