Manaqib Sayyidah Fatimah (25)


Betapa sering Sayyidah Fatimah tidak tidur malam menjaga dan melayani ibu beliau. Tampak suatu perilaku yang sangat mulia dan indah dari akhlaq Sayyidah Fatimah yang bersumber dari seorang ibu. Suatu pelajaran yang seharusnya, dan seandainya para wanita di zaman sekarang ini mempelajarinya, ini merupakan suatu akhlaq yang dapat mengangkat ke derajat yang tinggi.

Sayyidah Fatimah setia mendampingi dan duduk di samping ibunya yang dalam keadaan tidak dapat bergerak dan berbicara. Kemudian datang Rasulullah Saw., merasa dengan kedatangan Rasulullah Saw., Sayyidatuna Khadijah dengan sekuat tenaga menahan segala rasa sakit. Berdiri dengan semangat dan menampakkan ketegarannya di depan Rasulullah Saw.. Sayyidah Khadijah berusaha menutupi rasa sakitnya sehingga tidak menambah beban Rasulullah Saw..

Sayyidah Fatimah melihat kejadian yang sangat menakjubkan dan begitu indah. Terdapat pelajaran yang sangat berharga, melihat ikatan "cinta" yang agung, yang luar biasa, dan murni. Sebuah rasa dan pengorbanan "cinta" yang tidak mengetahui rasa ini baik langit ataupun bumi.. (bersambung)