Manaqib Sayyidah Fatimah (27)


Rasulullah Saw. telah memberi kabar bahwa isi dari surat penjanjian yang dhalim itu telah dimakan oleh rayap, kecuali bagian yang tertulis nama Allah (surat tersebut berada di dalam kotak yang terkunci dan diletakkan di dalam Ka'bah). Maka selesailah pemboikotan tersebut, akan tetapi peristiwa pemboikotan itu berdampak sangat buruk.

Selang beberapa hari, datang kabar yang sangat menyedihkan, yaitu kabar meninggalnya Abi Thalib. Sementara Abi Thalib adalah orang yang selalu mencegah dan menahan gangguan-gangguan orang kafir Quraisy dengan memanfaatkan kedudukankanya, kewibawaannya, pengaruhnya, kekayaannya, juga umurnya yang di tuakan, berusaha dengan segala macam cara.

Ketika Abi Thalib meninggal, orang kafir Quraisy tertawa dengan gembira, semakin parah gangguan dan siksaan yang diterima oleh Rasululah Saw.. Anak-anak kecil dan budak-budak orang Quraisy mencaci, menghina, dan mempermainkan Nabi Saw. dengan melempari batu, mereka juga menuangkan debu di kepala Rasulullah Saw.. (bersambung)