Manaqib Sayyidah Fatimah (8)


Sayyidah Fatimah adalah jantung hati yang sangat dicintai oleh  Nabi  Saw. dan Sayyidah Khadijah.. Sampai-sampai Sayyidah Khadijah   setiap melahirkan mengirimkan anak-anaknya agar disusui, sebgaimana  adat  orang-orang Qurais. Kecuali Sayyidah Fatimah, beliau sendiri  yang  menyusuinya
karena cintanya yang mendalam, karena kemiripanya  dengan  Rasulillah Saw., juga karena Sayyidah Fatimah adalah anak terakhir  (paling kecil) sehingga ia mendapatkan perhatian khusus.

Sayyidah Fatimah  disebut dengan "Zahroh" karena warna kulitnya  putih indah bercampur  dengan kemerah-merahan. Sebagian mengatakan  Sayidah Fatimah disebut  "Zahroh" karena ia menerangi penduduk  langit sebagaimana tampak penduduk  bumi gemerlapnya bintang yang ada di langit. Sayyidah Fatimah juga disebut  "Al-batuul/suci", karena ia tidak putus  dan bersemangat dalam beribadah.  Sebagian mengatakan ia disebut "Al-Batuul" karena tidak ada wanita di  zamannya yang menandingi  kemuliaan, keagungan, dan derajat Sayyidah  Fatimah.

Nama-nama Sayyidh Fatimah masih banyak lagi, yaitu:
Siddiqoh, Mubarokah, Attohiroh Azzakiyyah, Arrodiyah, Almardiyyah. Juga dipanggil "Ummi Abiha", mengapa..? (bersmbung)