Manaqib Sayyidah Fatimah (7)


Rumah tempat dilahirkan Fatimah, adalah rumah tempat turun wahyu.  Ketika  turun wahyu pertama kali Nabi datang dalam keadaan takut.  Berkatalah Sayyidah Khadijah "Wahai Rasulullah jangan takut  sesungguhnya Allah takkan  menyia-nyiakanmu karna engkau orang yang suka  bersedekah, menyambung tali  silaturrahmi, dan selalu membantu orang  yang susah. Demi Allah, Allah tidak akan menyia-nyiakanmu."

Inilah  nabi yang mana mulai sebelum diangkat menjadi Nabi memiliki  sifat-sifat yang  mulia dan Sayyidah Khadijah yang mana tidak dikenal  di Makkah kecuali  sebagai wanita yang mulia dan terhormat baik dari  segi akhlaq atau budi pekerti. Di rumah tersebutlah anak-anak perempuan Nabi Muhammad terdidik atas  bimbingan orangtua yang penuh akhlaq yang mulia dan kasih sayang.

Sebagian  ulama' berkata "Di lahirkannya Sayyidah Fatimah di masa  sebelum diutusnya Nabi Saw. adalah sebuah hikmah agar Sayyidah Fatimah membantu  perjuangan ayahnya dan tumbuh besar bersamaan dengan tumbuh besarnya  agama. Sayyidah Fatima  menjadi pendamping setia ayahnya, suka dan  duka sampai Nabi Saw. meninggal.. (bersambung)