Setiap Orang Butuh Ruang Bersama Dirinya Sendiri


Tentang apa-apa yang orang lain tidak ceritakan kepadamu, terkadang kamu memang tidak perlu tahu. Sekuat apapun kamu mencari tahu, jika itu memang tidak menjadi hakmu, kamu tetap tidak perlu tahu.

Sebab, setiap orang tentu ingin punya ruang pribadinya masing-masing, sesuatu yang ia tidak ingin orang lain mengetahuinya.

Ada banyak hal yang tersimpan di palung hati setiap orang, seringkali itu adalah hal yang rahasia, paling rahasia.

Jika orang lain menceritakannya kepadamu, itu tak lebih karena ia memilih untuk membaginya denganmu dan itu pun belum tentu seluruhnya.

Tanpa kamu ketahui, siapa sangka jika ternyata ada sedih yang diubahnya menjadi tawa, ada ragu yang diubahnya menjadi keberanian, ada benci yang diubahnya menjadi peduli.

Ada sesuatu di balik semuanya yang mungkin memang tak perlu kamu ketahui.
The untold. Banyak yang tidak terkatakan: tidak melalui lisan, tidak juga melalui tulisan.

Tidak mengapa, sebab setiap orang butuh ruang bersama dirinya sendiri, sebagai tempat ia berjuang mengubah luka menjadi tawa dan kelemahan menjadi kekuatan.

Atas semua yang orang lain tidak katakan, kita bisa apa dengan rasa peduli yang tak tertahankan ini? Doakan saja!

Diam-diam, hadiahkan mereka doa terbaik agar Allah senantiasa menguatkan mereka yang sedang berjuang dalam medan juangnya masing-masing.

Untuk mereka, semoga selalu ada doa kebaikan yang kita lisankan setiap hari kepada-Nya, agar doa kebaikan yang sama berbalik pula pada kita yang melisankannya.


::: Soraya Qurrotul'aiin SyifaaulgHalb :::